MAMFAAT BESAR PEMBERIAN PUPUK TON PADA DASAR TAMBAK



TANYA : Bagaimana pemberian TON pada pengolahan dasar dan pemeliharaan di lahan tambak udang dan kolam ikan?

JAWAB : Aplikasi pada saat Persiapan Kolam/sebelum isi air

Dosis ; 2,5 kg ( 10 botol ukuran 250 g)
Aplikasi TON yang pertama dilakukan di tanah dasar kolam/tambak pada saat pengeringan setelah dipanen. TON berbentuk Granule atau butiran-butiran kecil sehingga aplikasinya dengan cara ditabur ke tanah secara merata, atau bisa dilarutkan dulu baru kemudian disiramkan merata ke tanah dasar kolam.
Aplikasi TON dilakukan sebelum dilakukan pengapuran. Menurut teknis yang benar, setelah diaplikasikan TON kemudian dilakukan pengapuran dengan kapur dolomit dengan dosis 1 ton per hektar (100 kg per 1000 m2) atau sesuai dengan pH aktual, setelah itu kolam dibiarkan 2-3 hari, kemudian air dimasukkan setinggi mata kaki dahulu, biarkan selama 3 hari untuk TON bekerja, baru kemudian air dimasukkan sampai penuh (kedalaman 100 – 120 cm).
Fungsi aplikasi TON pada saat pengeringan ini adalah untuk menetralkan berbagai gas dan senyawa beracun sisa pembusukan bahan organik yang dihasilkan oleh budidaya sebelumnya yaitu amoniak dan H2S.
Selain sebagai penetral senyawa atau gas beracun tersebut, TON juga berfungsi menumbuhkan plankton yang berguna sebagai pakan alami ikan/udang.
Aplikasi selama budidaya belangsung.

Selama budidaya berlangsung, TON juga harus diberikan secara periodic (rutin) ke air kolam atau tambak.
TON ditaburkan/disiramkan ke air kolam tiap 15 sampai 20 hari sekali.
Dosis : 500 g (2 botol) tiap kali aplikasi.
Siramkan atau taburkan merata ke air kolam.
Fungsinya terutama untuk mempertahankan kualitas air agar tidak terlalu menurun secara drastis karena pembentukan senyawa atau gas yang beracun tadi. Selain itu TON juga berfungsi menumbuhkan dan menyuburkan plankton yang baru sehingga ketersediaan plankton di tambak selalu terjaga.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
4 Maret 2022 pukul 07.10 delete

JTG Marriott International Airport (JTG Marriott International Airport
JTG Marriott International Airport (JTG Marriott International 서산 출장마사지 Airport) (JTG Marriott International Airport) 나주 출장마사지 (JTG Marriott International 평택 출장샵 Airport). JTG Marriott 울산광역 출장마사지 International Airport 김천 출장안마 (JTG Marriott International Airport) (JTG Marriott

Reply
avatar